Teknologi

Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam

Written by Zamira Safitri · 1 min read >
Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam

Saat menggunakan laptop, sering kali ada beberapa kendala yang terjadi. Salah satunya yaitu tiba-tiba layar menjadi hitam atau gelap. Tentunya hal ini merupakan kondisi yang tidak nyaman sekaligus tidak menyenangkan. Sehingga banyak yang akhirnya mencari jalan keluar melalui cara memperbaiki laptop layar hitam.

Tentu saja ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Hanya saja bagi yang masih awam kesulitan untuk mengetahui seperti apa caranya. Supaya tidak bingung dalam menghadapi kondisi yang satu ini, simak saja dan lakukan beberapa tips menarik berikut di bawah ini.

Mengatur Resolusi Layar

Hal sepele yang bisa dilakukan sebagai cara memperbaiki laptop layar hitam yaitu dengan jalan melakukan pengaturan pada resolusi layar. Sebaiknya jangan segera panik saat mendapati bahwa layar pada laptop tiba-tiba gelap atau menghitam. Karena bukan hanya potensi kerusakan, namun juga bisa saja terjadi kesalahan setting yang tidak disadari.

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan yaitu tidak sengaja mengubah level resolusi layar menjadi cukup rendah sehingga tampilan lebih gelap dan kurang nyaman. Apabila hal yang satu ini terjadi maka segera saja menuju ke laman setting pada laptop dan carilah cara untuk melakukan pengaturan pada resolusi layar. Pilih resolusi yang lebih terang sekaligus pastikan telah memilih resolusi yang cukup nyaman untuk digunakan jangka panjang. Dengan demikian maka layar laptop akan kembali terang seperti sebelumnya dan dapat digunakan seperti keinginan.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi HP Lupa Pola

Melakukan Pengecekan Pada Layar

Cara memperbaiki laptop layar hitam berikutnya yaitu tentu saja dengan melakukan pemantauan serta pengecekan pada kondisi layar. Umumnya kondisi layar hitam ini dapat terjadi karena dua hal yang sangat sering, pertama yaitu akibat kerusakan pada layar itu sendiri, dan kedua pada drive atau sistem yang mempengaruhi laptop itu sendiri.

Untuk membantu akan hal tersebut, maka tidak ada salahnya secara runut melihat sendiri apa yang sebenarnya terjadi. Umumnya dari hasil pengecekan akan terlihat lebih jelas, apakah penyebab layar laptop hitam karena kesalahan setting, atau karena layar yang ternyata memang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Apabila kondisi penyebab layar laptop hitam telah ditemukan, maka segera ambil langkah untuk memecahkan hal tersebut lebih lanjut. Misalnya melakukan perbaikan dengan install ulang driver layar atau misalnya bisa juga untuk melakukan perbaikan pada komponen yang rusak. Sehingga jika hal ini selesai dilakukan, tentu dapat menjadi cara memperbaiki laptop layar hitam yang cukup efektif untuk dicoba.

Membawa Pada Teknisi

Apabila seluruh cara dan langkah yang di atas telah dicoba seluruhnya namun layar tetap berwarna hitam, maka ada baiknya mencoba membawanya pada yang lebih ahli. Jika masih dalam masa garansi maka dapat membawa laptop pada teknisi yang resmi sesuai petunjuk garansi. Tetapi jika sudah lewat masa garansi yang diberikan, maka cari saja teknisi yang terpercaya untuk memperbaiki kondisi layar laptop tersebut. Jika dilakukan perbaikan oleh mereka yang ahli dan lebih kompeten, tentu saja harapannya layar laptop akan segera pulih seperti sebelumnya.

Itulah beberapa cara memperbaiki laptop layar hitam yang bisa digunakan dalam kondisi terdesak saat hal tersebut terjadi. Dengan melakukan tips di atas, maka tentu saja layar akan kembali menjadi seperti semula. Sehingga pastinya akan dapat melakukan berbagai macam aktivitas penting pada laptop sebagaimana mestinya seperti sedia kala.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.