Artikel

Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan, Kenali Jenis-Jenis dan Manfaatnya Dulu!

Written by Zamira Safitri · 2 min read >
Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan, Kenali Jenis-Jenis dan Manfaatnya Dulu

MTPLogin – Sebagai traveler, baik dalam negeri maupun luar negeri, tentu saja Anda sadar pentingnya melengkapi perjalanan dengan asuransi perjalanan.

Seperti diketahui, asuransi perjalanan merupakan jenis asuransi yang akan memberikan ganti rugi bila nanti terjadi risiko perjalanan selama nasabah melakukan bepergian. Proteksi ini juga akan sangat cocok bagi tertanggung yang berencana melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa karena menjadi salah satu dokumen wajib saat akan mengajukan visa.

Karena bisa mengurangi risiko finansial saat Anda berkunjung ke kota maupun negara lain, tentu Anda harus memiliki asuransi perjalanan sekarang juga. Jika masih bingung, bisa memiliki asuransi perjalanan internasional di sini!

Pasalnya, ada berbagai daftar pilihan asuransi perjalanan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan juga kemampuan keuangan Anda.

Mengenal Lebih Dalam Asuransi Perjalanan

Seperti dipaparkan sebelumnya, asuransi perjalanan merupakan asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi risiko selama perjalanan dari pergi sampai tiba ke tempat tujuan. Risiko-risiko itu bisa berupa kecelakaan, barang yang hilang, bagasi tertukar, atau lainnya.

Masa perlindungan asuransi perjalanan tergolong singkat. Karena hanya melindungi dari Anda berangkat sampai tiba di tempat tujuan.

Asuransi perjalanan tidak hanya berlaku ketika Anda pergi ke kota atau daerah di Indonesia saja. Biasanya juga berlaku bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan terbagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kategori dan tujuan perjalanannya. Berikut ini adalah beberapa jenis asuransi perjalanan yang bisa Anda klaim:

Asuransi Perjalanan Internasional

Asuransi perjalanan internasional adalah asuransi yang memberikan uang pertanggungan saat Anda melakukan perjalanan internasional atau perjalanan ke luar negeri. Setiap perusahaan asuransi punya kebijakan yang berbeda-beda.

Ada yang menawarkan klaim asuransi travel internasional untuk perjalanan ke seluruh negara di dunia dan ada juga yang hanya menawarkan asuransi untuk perjalanan ke negara-negara tertentu saja. Misal, hanya ke negara Eropa, Asia, atau Amerika saja.

Jadi jika Anda bepergian keluar negeri, sebenarnya tidak hanya visa dan paspor yang dibutuhkan tetapi juga asuransi supaya ada yang menjamin dalam perjalanan.

Asuransi Perjalanan Domestik

Asuransi perjalanan domestik merupakan asuransi yang memberikan uang pertanggungan apabila Anda sedang melakukan perjalanan di Indonesia saja.

Biasanya asuransi ini sudah include dengan harga tiket pesawat yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan.

Jadi, tarif tiket pesawat yang Anda bayarkan sudah termasuk biaya asuransi. Selain itu, ada juga uang santunan meninggal dunia atau cacat apabila terjadi kecelakaan pesawat.

Jika pihak maskapai yang Anda pilih, harga tiketnya tidak include asuransi Anda harus mendaftar sendiri ke perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi traveling.

Asuransi Perjalanan Covid-19

Jenis asuransi perjalanan ini masih tergolong baru, dan hanya beberapa perusahaan saja yang menawarkan asuransi ini. Asuransi perjalanan Covid-19 menjamin biaya medis bagi penderita Covid-19.

Saat ini aturan sudah mulai dilonggarkan, dan Anda bisa pergi ke mana-mana. Nah, selama perjalanan itu, bukan tidak mungkin Anda tertular dan bisa terserang Covid-19.

Maka dari itu, asuransi ini sangat dibutuhkan untuk meringankan biaya jika Anda terkena Covid-19 setelah melakukan perjalanan.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Manfaat utama dari asuransi ini adalah mengurangi risiko finansial ketika Anda berkunjung ke kota atau negara lain. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

Kompensasi Penundaan Penerbangan

Asuransi traveling juga memberikan kompensasi apabila terjadi penundaan penerbangan. Karena tentu saja, penundaan penerbangan oleh pihak maskapai ini akan sangat merugikan penumpang.

Lain halnya jika memiliki polis asuransi perjalanan, maka Anda akan mendapatkan kompensasi tunai sesuai dengan polis yang telah disepakati.

Kompensasi Kehilangan Bagasi

Jika Anda kehilangan bagasi di bandara yang diakibatkan oleh kelalaian maskapai, maka Anda berhak mendapatkan kompensasi.

Perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi sesuai dengan ketentuan polis yang sebelumnya sudah disepakati bersama.

Kompensasi Kehilangan Paspor

Asuransi ini juga memberikan pertanggungan berupa uang pergantian untuk mengajukan paspor baru jika paspor nasabah hilang karena dicuri atau hal-hal tidak terduga lainnya.

Namun, jika paspor hilang karena keteledoran nasabah sendiri, maka perusahaan asuransi tidak akan menggantinya.

Kompensasi BiayaPerawatan Medis

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang mau jatuh sakit atau mengalami kecelakaan saat sedang bepergian. Namun, hal itu tentunya bisa terjadi pada siapa saja.

Jika Anda harus mendapatkan perawatan medis rumah sakit di negeri orang, maka biaya yang harus Anda tanggung lebih besar.

Jika hal tersebut terjadi, maka perusahaan asuransi nantinya akan menanggung semua biaya perawatan medis Anda. Jadi Anda sudah tidak perlu lagi khawatir saat tidak mempunyai biaya untuk membayar perawatan tersebut.

Sumbangan Kematian

Kematian bisa terjadi kapan saja. akan lebih baik lagi jika bisa mempersiapkan hal tersebut agar keluarga Anda tetap terjamin dengan baik.

Terlebih lagi jika Anda kepala keluarga dan pencari nafkah di rumah. Pastinya hal tersebut membuat kondisi keuangan sangat bergantung pada Anda.

Untuk mencegah risiko tersebut, maka anda harus mempunyai asuransi terbaik. Dengan demikian, terdapat sejumlah uang pertanggungan yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi pada keluarga Anda.

Biaya Perjalanan Darurat

Asuransi perjalanan juga akan menanggung biaya perjalanan darurat atau biaya yang harus dikeluarkan apabila nasabah harus kembali ke kota atau negeri asal sesegera mungkin.

Misalnya, saat sedang melakukan perjalanan ke luar negeri, tiba-tiba orangtua meninggal dunia dan Anda harus segera pulang ke Tanah Air. Maka, asuransi perjalanan dapat mengganti biaya perjalanan darurat seperti itu.

Itulah pemaparan mengenai asuransi perjalanan, jenis-jenis dan manfaatnya untuk Anda ketahui. Jadi, sudah tak ragu lagi miliki proteksi satu ini?

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *